Wanita gemuk beresiko terkena kanker ovarium

Monday, April 6th 2015. | Artikel, Info, Kesehatan

Wanita gemuk beresiko terkena kanker ovarium

Wanita gemuk beresiko terkena kanker ovarium ~ Mempunyai badan yang gemuk akan membuat seseorang yang memilikinya merasa tak percaya diri, meski memang sebagian lainnya dari mereka merasa enjoy dan masih percaya diri dengan bobot mereka yang berlebihan. Namun tahukah anda ? Bahwa ternyata semakin gemuk seorang wanita, semakin beresiko pula terkena kanker ovarium. Selain itu juga ada beberapa jenis kanker yang akan parah dan beresiko pada orang-orang yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan, seperti kanker payudara, usus, ginjal, pankreas, endometrium serta ovarium atau kanker indung telur. Maka dari itu, tidak ada alasan lagi kan untuk anda menurunkan berat badan ke berat yang normal dan ideal ? Karena hal tersebut juga tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda untuk hidup lebih sehat dan terhindar dari resiko terkena penyakit yang diakibatkan oleh obesitas atau badan yang gemuk.

Sebuah penelitian menemukan dan mengungkapkan, bahwa semakin tinggi berat badan seorang wanita, maka semakin besar pula resiko yang kanker ovarium yang dia miliki. Dan ternyata menurut sebuah studi, bahwa kanker ovarium ini juga dapat dikaitkan dengan tinggi badan seseorang, meski memang resikonya tak sebesar dan sekuat dari berat badan terutama lemak di tubuh yang menumupuk. Menurut American Cancer Society dan National Cancer Institute, kanker ovarium sangat beresiko tinggi dan kuat pada mereka yang menderita obesitas dengan jumlah BMI diatas 30, namun mereka juga menambahkan, wanita yang memiliki kelebihan berat badan di bawah 30 atau dengan jumlah BMI 28 sama saja sudah beresiko tinggi. Salah satu alasan dari penelitian yang menyebutkan lemak berada di balik risiko kanker ovarium yaitu sel-sel lemak dapat melepaskan estrogen dan hormon yang membantu menyuburkan sel kanker berhaya dan mematikan.

Mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas biasanya mengalami tingkat peradangan yang tinggi dalam tubuhnya, yang pada akhirnya memberi ia risiko terhadap penyakit jantung dan kanker juga. Selain itu juga, sel lemak dalam tubuh orang yang obesitas atau gemuk juga bisa memproduksi hormon lain seperti leptin yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel-sel yang tak terkontrol sehingga timbullah beberapa jenis kanker yang salah satunya kanker ovarium. Kanker ovarium merupakan jenis kanker yang menjadi penyebab kematian terbanyak dari semua jenis kanker yang lainnya. Kanker ini pula merupakan kanker yang sulit untuk diobati, karena pada stadium awal kanker ovarium biasanya muncul hampir tanpa gejala apapun, dan timbul gejala jika sudah stadium lanjut dan berbahaya. Maka dari itu, mengurangi resiko dari kanker ovarium ini, seperti menurunkan berat badan, menjadi suatu hal yang tepat sebagai pencegahan agar penyakit kanker ovarium tidak beresiko pada anda.

tags: , ,