Ketahui Resiko Kesehatan Akibat Badan Gemuk

Wednesday, December 9th 2015. | Info

Ketahui Resiko Kesehatan Akibat Badan Gemuk – Bagi anda yang memiliki badan terlalu gemuk harap harus waspada, karena dapat mengundang beberapa penyakit. Oleh karena itu diharapkan segera melakukan penurunan berat badan, bisa dengan berolah raga secara rutin dan teratur maupun dengan mengonsumsi obat penurun berat badan. Karena menjaga berat badan ideal merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi yang dalam keluarganya terdapat riwayat penyakit berbahaya seperti diabetes, hipertensi koleseterol dan penyakit jantung sangat berisiko sekali.

Ketahui Resiko Kesehatan Akibat Badan GemukResiko Kesehatan Akibat Berat Badan Gemuk

Selain memiliki resiko besar penyakit berbahaya tersebut, badan terlalu gemuk juga dapat menyebabkan resiko kesehatan yang tidak kalah berbahaya. Berikut resiko-resiko yang diakibatkan badan terlalu gemuk :

  • Hilangnya kepercayaan diri

Pada umumnya berat badan sudah sebagai acuan menilai seseorang. Ketika seorang remaja memiliki badan gemuk tidak sedikit banyak orang yang mencelanya, terkadang celaan tersebut dapat mempengaruhi psikologi dan sosial sehingga tidak sedikit orang gemuk hilang kepercayaan dirinya dan lebih memilih mengasingkan diri.

  • Mengundang Penyakit Kronis

Gangguan kesehatan yang sangat dikhawatirkan bagi siapa saja yang memiliki tubuh terlalu gemuk adalah penyakit kronis. Tumpukan lemak pada orang tersebut dapat mengundang berbagai penyakit serius seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, penyakit hati, gangguan kandung empedu hingga artritis. Selain itu juga hormon insulin di dalam tubuh akan terpengaruhi sehingga meningkatkan resiko terkena diabetes lebih tinggi dan memicu serangan jantung. Sedangkan untuk wanita yang berbadan gemuk akan mempengaruhi siklus menstruasi dan gangguan organ reproduksi. Banyak yang berpendapat bahwa orang dengan badan terlalu gemuk memiliki resiko hidup yang singkat, dibanding dengan orang yang berbadan ideal.

  • Mudah mengalami sakit lutut dan pinggang

Seseorang yang kelebihan berat badan yang sering sekali mengali sakit pada lutut dan pinggang, selain itu juga memiliki resiko yang tinggi terjadinya osteoporosis, akibat dari beban yang dtopang tulang terlalu berlebih, sehingga menyulitkan badan untuk bergerak.

  • Gangguan Pada Saat Tidur

Seseorang dengan berat badan terlalu gemuk akan sering sekali mengalami gangguan pada saat tidur, salah satunya sleep apnea. Dimana seseorang akan mengalami perhentian bernafas setiap kali sedang tidur dan gangguan ini terbilang sangat serius. Karena membuat kadar oksigen dalam tubuh akan turun secara drastis yang akan menyebabkan terhambatnya suplaian oksigen ke jantung dan pembuluh darah serta mengundang resiko terjadinya stroke.

  • Memicu pertumbuhan Kanker

Bahaya yang paling mengancam dalam kesehatan adalah pertumbuhan kanker dalam tubuh. Dari hasil sebuah riset menunjukan bahwa orang gemuk memiliki resiko yang tinggi terkena berbagai jenis kanker, diantaranya kanker kantung empedu, kanker pankreas, kanker kolon, dan kanker tiroid. Untuk wanita, memiliki badan gemuk dapat mempertinggi resiko tumbuhnya kanker ginjal, adenokarsinoma dan kanker rahim.

Itulah beberapa resiko kesehatan akibat memiliki berat badan terlalu gemuk. Maka dari itu segera melakukan penurunan berat badan sebelum terlambat dengan menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat dengan disertai olah raga. Berikan suntikan motivasi untuk mendapatkan berat badan yang ideal agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan dan penyakit yang sangat mengancam hidup anda.

tags: ,