Dampak negatif kegemukan pada seseorang

Dampak negatif kegemukan pada seseorang

Banyak sekali dampak negatif kegemukan pada seseorang, orang yang memiliki berat badan berlebih atau kegemukan akan mendapatkan beberapa efek negatif, baik itu efek fisik yang sudah pasti dan bahkan dapat pula berdampak ke psikis, dan gangguan kesehatan yang lainnya. Maka dari itu berat badan normal menjadi suatu hal yang penting.

Dampak negatif kegemukan pada seseorang berdasarkan fisik

Dampak negatif berdasarkan fisik ini sudah pasti, karena orang-orang yang memiliki berat badan berlebih, atau kegemukan, pasti akan terlihat tidak menarik, dimana bagian tubuh mereka tak berbentuk karena banyak lemak menggelambir yang berada pada tubuh, baik itu dibagian perut pinggang dan lengan. Selain itu juga, orang yang gemuk dan mempunyai berat badan berlebih akan sulit menemukan pakaian yang cocok, karena memang kebanyakan pakaian di toko baju dan di pasaran lainnya, biasanya hanya menyediakan berbagai macam ukuran yang normal, dan jarang yang berukuran besar atau jumbo. Sehingga mereka kesulitan dalam memperoleh pakaian slim dan seksi yang mereka inginkan, karena berat badan berlebih dan lemak yang menonjol pada bagian tubuh. Maka dari itu, orang-orang yang berbadan gemuk, biasanya mereka membuat pakaiannya sendiri, dan meskipun begitu, warna pakaian yang di pakai orang gemuk pula akan dapat berdampak, jadi meski mereka sudah menjahit atau membuat pakaian sesuai dengan ukuran mereka, tetap akan terlihat besar karena warna-warna mencolok yang mereka pakai akan membuat mereka tetap terlihat gemuk dan besar, sehingga mereka tidak cocok memakai warna-warna pakaian yang terang. dan hanya cocok memakai warna-warna yang gelap agar tidak terlihat terlalu gemuk.

Dampak negatif kegemukan pada seseorang berdasarkan psikis

Dampak negatif kegemukan berdasarkan psikis atau yang lebih tepatnya psikologis ini yaitu orang-orang yang mempunyai berat badan berlebih atau kegemukan akan merasa minder dan tidak percaya diri, mereka akan merasa pemisis dan mengeluh, merasa sedih, dan rendah di bandingkan dengan orang lain, meskipun tidak semua orang-orang yang gemuk begitu, tapi biasanya mereka juga akan sulit dalam bergaul dan sulit mendapatkan teman dan bakan pasangan, akan mendapatkan ejekan atau bulian dari orang-orang atau bahkan teman-teman yang tidak menyukai keadaannya tersebut, sehingga terjadilah sikap minder, takut dan menyendiri atau menghindar dari orang-orang sekitar. Dan mereka akan sulit bersosialisasi dimana pun mereka berada. Dengan demikian menjadi suatu hal yang penting untuk memecahkan masalah berat badan ini, sehingga seseorang dapat tumbuh dengan rasa percaya diri yang tinggi dan memiliki citra tubuh yang positif. 

Dampak negatif kegemukan pada seseorang berdasarkan kesehatan

Dampak negatif kegemukan yang terakhir selain daripada fisik dan psikis, kegemukan juga dapat berdampak pula pada gangguan kesehatan yang serius. Dimana orang-orang yang mempunyai berat badan berlebih agar beresiko mendapatkan masalah kesehatannya. Seperti terkena infeksi pada kulit, karena lipatan lemak yang berada pada tubuh akan menjadi tempat yang disukai oleh bakteri, kuman dan semacamnya, sehingga jenis mikroorganisme ini dapat menyebabkan gata-gatal pada kulit dan terjadilah infeksi karena garukan pada daerah kulit tersebut. Nyeri persendian juga dapat terjadi pada orang-orang yang berbadan gemuk, hal ini tentu karena kelebihan berat badan yang dapat menambah beban seseorang dalam menopang berat badan yang besar. Sehingga dapat memperparah masalah nyeri sendi dan ketegangan pada tulang. Tekanan darah tinggi, penyakit ini sangat beresiko sekali pada penderita obesitas atau kelebihan berat badan, dan apabila tekanan darah yang tinggi tidak dengan cepat diatasi dapat berdampak buruk pula pada kesehatan lainnya pula yang lebih serius seperti, stroke dan serangan jantung, yang sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal. Diabetes, baik itu remaja, dewasa dan bahkan anak-anak yang mempunyai berat badan tidak normal akan sangat beresiko pada gangguan kesehatan yaitu diabetes yang dapat berdampak buruk pula pada komplikasi kesehatan yang serius seperti kebutaan, gagal ginjal, hingga kerusakan pada saraf yang dapat berujung pada amputasi. Dan efek yang terakhir orang yang berbadan gemuk beresiko mengalami masalah kesuburan baik itu pria maupun wanita, pada wanita akan mendapatkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan bahkan resiko kemandulan, serta pada para pria dapat berdampak pada masalah impotensi atau kegagalan dalam mempertahankan ereksi.

Nah, dengan adanya dampak negatif kegemukan pada seseorang ini, diharapkan dapat menjadi acuan seseorang untuk menurunkan berat badan ke timbangan berat yang lebih normal, wajar dan ideal, agar dapat terhindari dari dampak negatif dari kegemukan itu sendiri, terimakasih sudah mengunjungi situs kami dan semoga bermanfaat.

Posted : http://obatpenurunberatbadan.org/